menjadi mbak anna

minggu kemaren, tulisan samuel mulia adalah tentang anna maria of roy marten luar biasa bagus. betapa besar hatinya yang kembali memaafkan mas roy. kesalahan yang sama diulang dua kali lho… pegel nggak sih? *curhat*
padahal samuel, as well as the rest of us in Indonesia yang nonton acara gosip tahu pasti, kalau saja dia tidak memaafkan suaminya, pasti kita bakal membela dia kok. ini bukan salah dia. kalau dia memutuskan untuk marah dan pergi, banyak tangan yang akan menerimanya dengan lapang dada. banget. nggak banyak spesies kayak dia di muka bumi ini.

hhh… sekali lagi samuel menyodorkan cermin di depan muka saya. saya yang “siapa sih loe” ini, tidak mudah memaafkan. saya yang cuma tidak dibalas cintanya, marah gila pada orang yang tidak menerima cinta itu. padahal cinta saya tulus. padahal saya – mungkin – bisa menawarkan lebih dari perempuan yang dipilihnya. walaupun mungkin saya akan cepat berlalu juga karena memang di darah saya ini sedikit sekali sel setianya. tapi kan tetep ada.. weekkk!!
saya pernah memaafkan dia, juga kekasihnya. tapi, belakangan saya kembali marah. saya – yang dijanjikan akan tetap punya tempat di hatinya – merasa tiba-tiba tempat itu disewakan pada orang lain tanpa seijin saya. dan kemarahan itu terbit lagi. susah sekali untuk memaafkan lagi. saya berpikir dijadikan cadangan. saya berpikir seperti ban serep. yang diletakkan di bawah mobil. tidak digubris, kecuali tiba-tiba ban pecah. HIH!! rasain kalo ternyata tiba-tiba ban itu sudah menggelinding jatuh ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi. emang enak? hehe, padahal gampang menemukan tempat tambal ban di dunia ini ya? *poor me*

saya, dengan cinta yang masih membara ini, sangat ingin memaafkan. dan jauh di dalam hati sangat memaafkan. i love you to the bone. tapi gimana ini?
ada ide, tentang cara memaafkan seseorang?
dan tetap memaafkan walaupun disakiti lagi?
dan memaafkan lagi walaupun masih merasa sakit?

jawaban ditunggu di sms saya. dan setiap sms yang anda terima dari saya, itu saya kirim langsung dari hp saya. silahkan…

← saharadja
suatu siang di toko Oen's →

Author:

Dian adalah penulis Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam dan 8 novel serta kumpulan cerita lainnya. Peraih grant Residensi Penulis Indonesia 2019 dan She Creates Change Green Camp 2020 ini lahir tahun 1976, belajar komunikasi di Universitas Diponegoro dan STIK Semarang, lalu lanjut belajar perlindungan anak di Kriminologi UI. Dia adalah anak ke-2 dari 4 bersaudara, ibu dari Vanya Annisa Shizuka dan beberapa anak lain. Saat ini Dian menghabiskan banyak waktunya menjadi penulis lepas dan konsultan untuk isu perlindungan anak dan kekerasan berbasis gender.

  1. memaafkan itu memang sulit apa lagi kalau sudah disakiti berkali-kali 😀

    idenya ya dicoba saja bro, hehehe :mrgreen:

  2. memaafkan itu gampang mbak, kalo melupakan itu susah banget. Tapi setuju dengan komen diatas saya, kalo cintanya udah sampe yang level unconditional love maka anything is possible mbak. Tapi kalo aq sih bercinta juga kudu pake logika.

  3. waduh..alah, bercintanya sih engga harus, kekeke..yang pake logika tuh ketika kita memutuskan buat mencintai dan menerima cinta seseorang itu yang harus tetep jalan logikanya..

  4. Dimanah… logikah.. hatikuh.. jatuh cintah kepadanyaaahhh hoohh.. tetapih.. ternyatah.. asmarah… tak kenal dengan logikah..

    Ih.. unconditional love mah cuman ada di giving treenya kang Silverstein

  5. wah.. nala bermasalah juga dengan unconditional love ya? berarti cuma mas gat kayaknya yg berhasil mengatasi hatinya sendiri.

  6. Sedang mempelajari bu… agak sedikit hampir berhasil. Yang penting, seperti mba anna yang cantik.. kita harus nyediain hati sebesar hati itu sendiri, sehingga bisa mencintai sebesar cinta itu sendiri dan memaafkan sebesar kesalahan itu sendiri. Eh. Gak nyambung ya. Pokokmen gitu lah hehehe peace bu!!!

  7. Lho bukannya kalo bercinta tuh pakenya alat kelamin ya? Huahahahahahahaha…….
    “Hal yang membuat orang menjadi dewasa adalah memaafkan dan melupakan….” (Ditto yang lagi agak waras pikirannya..)

  8. “I believe in karma what u did is what u give return, i believe u can’t appriciate we love until you’ll been burn,,,la..la..la..
    kemudian begini…
    “I believe Forgiveness is the key to your happiness”

    (kata-nya savage garden)

  9. semua teori mudah diucapkan, tapi prakteknya susah. harus sangat berlapang dada dan tulus untuk bisa memaafkan (lagi dan lagi)
    tapi di atas semuanya, kalau udah memaafkan, pasti plong…. karena (harusnya) tidak ada lagi sakit hati dan dendam, yang keduanya itu bikin capek!

  10. memaafkan..pasti dong ya klo masalahnya gak berat,tp klo sampe nyakitin banget…HARUS DIBALAS!!!!
    emang enak disakitin, apa lg diduain wekk..aku sumpahin deh tuh org,biar mampusss…dgn begitu ak dapat kepuaassan batin(“,)
    buat org yg “di2in” berkali2..
    hellooo jeng/mas… bego ato tolol seh hari gini mau disakitin berkali2..udah gak jaman tau! apaaa cinta??? makan tuh cinta, klo dia cinta mah gak bakal nyakitin…AYO SEMANGAT CARI YG BARU!!!!

  11. Mbak… almost the same dengan mbak anna… saya malah sudah 3 (TIGA) kali memafkan suami saya yg secara trang2an memiliki affair dengan wanita lain (ini yang dia seriusin… maksudnya yg sampe pulang aja masih bawa bekas2 seperti bekas cuppang dsb… duh, ini sebetulnya terlalu pribadi untuk saya share, tapi atas nama nyampah2… gapapa dech, That’s why I choose annonim, supaya nyampah2nya tidak nyakitin orang2 yg saya omongin). Yg sekedar hang out for fun juga ada…

    My point is… If we don’t like it… then Change it… If we cannot change it, then we have to compromise it… if we cannot compromise, then get the hell out of there… our life is too worthed for stupid things like that.

    ME?… still can compromise it, ON BEHALF OF MY DAUGHTER… So, sampe sekarang, masih bertahan aja. Kuncinya.. tutup mata, tutup telinga dan JAGA HATI.

    I’m sure that oneday, he will changes… people were changed through times… And my beloved will too. That’s what God has promised to me.

    If somebody in term of the same situation like me… HAVE FAITH… and you’ll find it easy to step forward.

    salam hangat,
    silly

  12. Memaafkan itu perlu dan baik sekali. Itu jika yg dimaafkan tao diri, maksudnya tidak berulang lagi. Jika yg dimaafkan nekad bertingkah ya bye-bye saja lah, dari pada membawa korban berikutnya apalagi anak yang jadi korban. Maksudnya : lah bapak aja boleh teler-teleran, kenapa aku tidak?

    Walopun di agama Kato, kita tidak boleh cerai. Apa boleh buat!

    Jadinya kayak aku ini : single parent. Lebih berat tanggung jawabnya (moral/finance) tapi hati ringan!

  13. mbak dian..curhatnya juliach “dalem” yaa;;)
    Btw aku ajungin jempol 4 deh buat para wonderwoman..satu kata buat mera HEBAT! \m/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

What to Read Next

Perpus Provinsi Kalimantan Selatan yang Inspiratif

Beberapa hari lalu saya mendapatkan kesempatan untuk mengisi acara diskusi literasi di Perpustakaan Provinsi Kalimantan Selatan. Sungguh sebuah kesempatan yang sangat berharga buat saya. Awal menerima undangan ini saya pikir kena prank. Masa’ iya sih ada Perpustakaan Provinsi bikin acara seperti ini, pikir saya. Tapi rupanya ibu Kepala Dinas ini...

Read More →

Berkah Dalem

Selamat merayakan Natal teman-teman, Berkah Dalem. Biasanya kalimat itu yang saya kirimkan ke sahabat dan teman-teman saya melalui WhatsApp untuk memberikan ucapan selamat Natal. Pagi tadi saya menyegarkan kembali ingatan tentang frasa Berkah Dalem, yang menurut beberapa referensi artinya Tuhan memberkati, yang menurut sejarah diambil dari kata Deo Gratia, berkah...

Read More →

44 Years of Practice

Lima tahun lalu saya dapat quote keren banget tentang usia 40, seperti ini: Gambar dari darlingquote.com Lalu tahun-tahun itu berlalu dan saya lupa apa yang jadi resolusi saya di ualng tahun saya ke-40 itu. Saya hanya ingat mengirimkan surat pada 40 orang yang pernah dan masih menggoreskan makna pada hidup...

Read More →

The Class of 94 and Beyond

Ilusi bahwa saya adalah Supergirl, Harley Quin, Black Widow, Queen of Wakanda patah sudah. Tanggal 25 Juni menerima hasil antigen positif. Tidak disarankan PCR sama dokter karena dia melihat riwayat orang rumah yang pada positif, “Save your money, stay at home, have fun, order as many foods as you like,...

Read More →

Domba New Zealand dan Pahlawan Perubahan Iklim

Pada suatu hari di bulan November 2016 bersama teman-teman dari tim Alzheimer Indonesia kami mendapat kesempatan untuk mengikuti konferensi di Wellington, New Zealand. Kok baru ditulis sekarang? Huft.. Seandainya kemalasan ada obatnya, saya antri beli dari sekarang. Ada banyak hal yang membuat orang mudah sekali jatuh hati pada Wellington, udaranya...

Read More →

Perjalanan ‘Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam’ Menemukan Jodohnya

Jodoh, rezeki dan maut ada di tangan Tuhan, katanya. Tapi kalau kita berharap Tuhan turun tangan untuk dua item pertama, nyesel sendiri lho ntar. Antriannya panjang, Sis. Ada tujuh milyar orang di muka bumi ini. Cover Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Maka saya menjemput paksa jodoh tulisan saya pada...

Read More →

Defrag Pikiran dan Keinginan

Ada banyak peristiwa yang terjadi selama tahun 2020 ini, meskipun ada banyak juga yang kita harapkan seharusnya terjadi, tetapi belum kejadian. 2020 adalah tahun yang ajaib. Lulusan tahun ini sempat dibully sebagai lulusan pandemi. Yang keterima sekolah/kuliah di tempat yang diinginkan tidak segirang tahun sebelumnya, yang wisuda tahun ini apa...

Read More →

Didi Kempot, Sugeng Tindak Ma Lord

Hari ini status itu yang saya pasang di media sosial saya dengan foto Didi Kempot hitam putih dengan tulisan the Godfather of Broken Heart. Patahnya hati saya mungkin nggak sepatah teman-teman sadboys dan sadgirls lainnya. Saya tidak mengenal secara personal mas Didi, hanya pernah papasan di sebuah mal di Solo...

Read More →