ICAAP 9 day 2

Di ICAAP 9 – Bali kemarin, saya paling hobi keluar masuk kelas-kelas Oral Presentation. Saya sendiri tadinya mengajukan abstraksi untuk Oral Presentation, tapi karena diterimanya Poster Presentation, ya sudah tak apa juga. Poster kan nggak harus all the time ditungguin, maka saya jalan-jalan ke kelas Oral yang lain. Nah, saya satu kelas Oral Presentation yang nancep di kepala saya adalah, tentang kekerasan terhadap perempuan. Waktu itu seharusnya presenter 4 orang, tapi dua orang yang India couldn’t make it, maka cuma dua orang saja. Salah satunya adalah dr. Vu Song Ha dari Vietnam yang sekarang berkorespondensi rutin dengan saya.

(http://anditoaja.files.wordpress.com/2008/04/stop-no-more-abuse.jpg)

DR. Ha ini menceritakan hasil study yang dilakukan sama organisasinya dia, regarding kasus kekerasan yang dilakukan suami di sebuah kota di Vietnam. Fiuh… saya sampe nangis di dalam ruangan itu. As well as other women did. Bayangin aja, beberapa istri itu, ada yang dipaksa melayani suaminya terlalu sering. Kalau menolak mereka akan dipukul, atau di-abuse verbally, dengan bilang, “Heh! Kamu tahu kan, aku nggak cuma tidur sama kamu! Masih untung kamu aku ‘jatah’, jadi jangan pernah nolak lagi!” God… kemana hatinya? Ada lagi yang setiap kali berhubungan selalu melakukan sesuatu yang menyakiti si istri. Padahal umur perempuan itu sudah 45 tahun.

Yang lebih pedih dari itu semua, mereka (para perempuan itu) nggak berani ngomong ke luar. Kalau ngomong ke keluarga selalu disuruh bersabar, karena – klise – mereka itu kan suamimu, kalau kau ceritakan keburukannya, kau sudah menyebar aib. Sudah bersabar saja, turuti kemauannya, siapa tahu nanti berubah. SIAPA TAHU??? Gila!

Dari 40 perempuan yang mengalami KDRT ini, 8 diantaranya sudah dalam fase parah baik secara fisik maupun mental. Sisanya sudah mati rasa dan kehilangan self-confidence. Mereka ini adalah orang-orang yang sama sekali nggak punya hak negosiasi dengan pasangannya. Dalam kasus HIV, mereka tahu suaminya nggak hanya berhubungan dengan istrinya saja, tapi juga dengan banyak perempuan lain di luaran. Nah, di rumah mereka nggak pake kondom, terbayang kan, bahwa sang istri ini bukan hanya dikerasi secara fisik dan mental, tapi juga hidupnya menjadi beresiko akan tertular HIV.

Sementara itu, presenter dari India memaparkan kasus yang lebih menggerus hati. Dia melakukan penelitian di kalangan sex worker. Dan pelaku kekerasan yang dominan di kota tempat penelitian itu dilakukan adalah polisi. Nah loe! Terus siapa yang mau melindungi para sex worker itu? Sudah gitu, para pekerja sex ini biasanya memiliki suami atau pasangan tetap. Para pasangan itu membiarkan ‘istri-istri’ mereka untuk mencari uang di jalan, tapi sampai di rumah melihat istrinya lusuh dan bau aroma laki-laki lain, mereka merasa harga dirinya terusik. Dipukulilah para pekerja sex itu. Tapi duitnya mereka mau juga. Hhh… Lingkaran setan yang nggak pernah berhenti, bukan?

Kasus semacam ini rasanya nggak cuma terjadi di Vietnam dan India saja. Sering kan, denger kasus semacam ini di sekitar kita? Nah, how can we stop them? Aku rasa kuncinya di komunikasi. Dan tentu saja di niatan setiap pihak untuk mau merubah hidupnya. Kayaknya nggak ada ya, di dunia ini orang yang dilahirkan jahat. Pasti, kalau bisa saling menyayangi, orang memilih untuk saling menyayangi, iya to?

Dan again, ini adalah PR-nya pemerintah di setiap negara. Terutama negara-negara macam kita begini. Kalau menemukan pekerjaan yang layak semakin sulit, maka turun ke jalan menjadi solusi. Kalau menyekolahkan anak menjadi beban yang begitu berat, maka menyekolahkan mereka di perempatan jalan mungkin lebih mudah. Kalau membeli makanan begitu mahalnya, maka memukul istri dan anak mungkin bisa mengenyangkan untuk sementara.

Ini juga PR kita, yang lebih beruntung dari mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan, saudara-saudara kita ini adalah bagian dari bumi ini. Kalau bisa kita rangkul mereka, mungkin senyum kita besok pagi bisa lebih ceria dan mimpi kita nanti malam tidak menghantui lagi. Siapa tahu??

← ICAAP 9 day 1
sex worker is a work →

Author:

Dian adalah penulis yang memiliki ketertarikan pada isu-isu sosial dan kejahatan. Dia menyelesaikan studi Perlindungan Anaknya di UI tahun 2016 lalu. Saat ini sudah 5 novel yang ditulisnya sendiri, dan 3 buku lain ditulis bersama penulis lain.

  1. salam kenal dan salam hangat selalu, Sahabat! 2 minggu lagi sebuah kontes seo RZSV yang saya ikuti akan berahir. Ada mimpi untuk memiliki sebuah komputer dengan berharap bisa memenangkan kontest tersebut. Saya tahu kontes ini berseberangan dengan idealisme blogger yang seharusnya, namun niatan tulus hanya untuk belajar seo. Jika berkenan sudilah kiranya menempatkan nama Rusli Zainal Sang Visioner di bagian sidebar atau blogroll blog sahabat, dengan link ke blog utama bukan pada Artikel. Seditaknya sampai kontes seo ini berahir, yaitu sampai 12 september saja,Setelah kontes berakhir, sahabat bisa menghapusnya. Bantulah saya mewujudkan impian saya, bantuan backlink dari sahabat sangatlah berarti bagi saya. tiada yang bisa saya berikan sebagai balasan atas bantuan dari sahabat kecuali ungkapan terima kasih yang sebesar-besarnya serta link back sebagaimana tradisi bertukar link.

  2. miris memang kehdupan seperti itu. Perempuan bukan di hormati sebagai pasangan hidupnya. Hanya sebagai tempat kebutuhan biologisnya. Ruang2 untuk komunikasi tertutup. dan disinilah sebenarnya negara harus melindungi rakyatnya. dan banyak kisah mengenai ini

  3. ah… dari dulu saya selalu panas dan marah dan muak tiap mendengar kisah yang demikian!
    waktu ikut pelatihan kesetaraan gender juga, banyak sekali kesaksian perempuan yang rasanya dianggap lebih rendah dari binatang kadang kadang…
    ya, saya tahu sekali karena saya juga manusia beragama bahwa istri memang harus menjaga kehormatan suami, tapi kalau diperlakukan tidak selayaknya, PERGI AJA! Ga ada gunanya bertahan dalam lingkaran setan yang demikian!

  4. Dari seluruh artikel ini, ada satu bagian yang membuat saya ~ketika membacanya~ menjadi sangat – sangat GERAM, “Para pasangan itu membiarkan ‘istri-istri’ mereka untuk mencari uang di jalan, tapi sampai di rumah melihat istrinya lusuh dan bau aroma laki-laki lain, mereka merasa harga dirinya terusik. Dipukulilah para pekerja sex itu.

    Laki – laki yang melakukan hal seperti ini JELAS ADALAH LAKI – LAKI RENDAH, LAKI – LAKI TIDAK BERGUNA, LAKI – LAKI PALING TIDAK BERMORAL YANG PERNAH ADA DI MUKA BUMI ini… Mereka lah sampah sesungguhnya yang mengotori peradaban manusia…

  5. – Mus, sudah saya lakukan ya, g’luck
    – Kawanlama, saatnya untuk benar-benar berjuang. jangan sampai anak kita masih terus mengulang kisah yang lama ini.
    – Nat, idealnya adalah suami dan istri sama-sama menjaga kehormatan satu sama lain. pokoknya seimbang lah ya. bukan istri yang sekedar perhiasan saja.
    – Rizal: senang membaca komen kamu, artinya: kamu tidak termasuk laki-laki yang seperti itu. berbahagianya orang di sekitarmu. amien…
    – Zak: ayo, kita temukan jalan keluarnya bersama…

  6. laki-laki seperti itu hanyalah seorang pengecut!
    kepada saudara-saudaraku yang mengalami KDRT, sebagai seorang laki-laki saya ucapkan maaf atas perlakuan “mereka” dan saya harap anda semua tabah, karena Tuhan akan menjadikan segala sesuatunya indah pada waktunya. just wait..

    terima kasih kunjungannya

    salam,
    kalasenja

  7. wah ternyata di Vietnam lebih kejam ya daripada di Indonesia. 🙂
    gila tu suaminya, udah minta jatah, marah-marah.. di tambah lagi dengan PDnya ngomong kalau berhubungan nggak cuman dengan istrinya saja. bener-bener sudah gila..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

What to Read Next

Pengabdi Setan, Film Pemersatu Bangsa

Sudah nonton film remake karya Joko Anwar ini? Kalau belum, sudah dapat spoiler-an atau mendengar kehebohannya? Sekedar informasi, untuk yang nggak suka sama film horror, percayalah postingan ini sama sekali tidak membahas hal-hal traumatis dalam film. Saya sama penakutnya dengan Anda :D Dua pekan lalu saya terhasut dan kemudian ikut...

Read More →

Gelombang dan Tidur

Jika seorang manusia mati di usia 60, maka dia menghabiskan kurang lebih 20 tahun hidupnya untuk tidur. Ini perhitungan kalau rata-rata orang tidur 8 jam per hari. Wow! Kalau ditotal jadi banyak banget ya jatah tidur kita? Tapi memang itu yang disarankan dokter bukan? Karena kalau kita tidur kurang dari delapan...

Read More →

Privacy?

Anda yang punya kartu kredit mungkin sering mengalami apa yang saya alami seminggu ini. Saya: Halo! Dia: Selamat siang dengan ibu Dian, saya dari xxx bank ingin mengkonfirmasi sebentar mengenai kartu kredit ibu Saya: Aduh mas, saya sedang nunggu telepon dari Gojek nanti aja lagi teleponnya ya. Sehari kemudian, karena...

Read More →